Wow, Ilmuwan Siapkan Otak Manusia Buatan




Oxford - Perkembangan ilmu pengetahuan memungkinkan manusia menciptakan otak buatan untuk pertama kalinya, hanya dalam waktu 10 tahun ke depan. Demikian klaim para ilmuwan Swiss yang tergabung dalam Blue Brain Project.

Para ilmuwan yang tergabung dalam proyek itu adalah yang pertama kalinya mencoba mengkreasi otak buatan dengan mereka ulang sifat miliaran neuron otak dengan bantuan komputer.

Rencananya, otak manusia sintetis yang akan dibuat itu bakal diteliti untuk memahami bagaimana informasi panca indra dari dunia luar diinterpretasi dan disimpan. Selain itu sebagai cara baru untuk meneliti penyakit otak tanpa perlu lagi bereksperimen pada binatang.

Berbicara di Oxford University, Inggris, profesor Henry Markham selaku direktur proyek mengklaim telah sukses mensimulasi neocortex otak, bagian yang berkembang pesat untuk menangani situasi sosial.

Mereka mengkreasi simulasi 3D sekitar 10.000 sel otak untuk meniru sifat neocortex otak tikus. Langkah permulaan ini membuat mereka optimis dapat membuat otak manusia dengan fungsi yang sama persis dengan otak asli dalam 10 tahun ke depan.

"Anda perlu satu laptop hanya untuk mengkalkulasi satu neuron, sehingga anda memerlukan sepuluh ribu laptop (sampai selesai)," jelasnya seperti dilansir Guardian dan dikutip detikINET, Jumat (24/7/2009).

Maka untuk melangsungkan proses tersebut, mereka memilih memakai super komputer IBM Blue Gene. Apakah impian ambisius mereka itu bakal terwujud? Waktu yang akan menjawabnya. ( fyk / faw )


Wah wah wah... kalo sukses apa yang terjadi dengan kehidupan ini yah...???? kesombongan kah atau........ aaaakkhh ga tau juga dah.


Sumber: Dari Sini

post signature

Comments :

6 komentar to “Wow, Ilmuwan Siapkan Otak Manusia Buatan”
Susy Ella mengatakan...
on 

wuiiiiihh.....impian yang sangat sangat sangat tinggi tuh..

let we see ^_^

A. Hermana mengatakan...
on 

assalamualaikum,
wuiih jika terwujud..gmana ya?
siapa yang pertama mau diganti otaknya dgn otak buatan?
wassalam

Kuliah Gratis mengatakan...
on 

Muantab.............

TRIMATRA mengatakan...
on 

tenang ajah mas...sampai dunia ini kiamat sekalipun ilmu pengetahuan manusia takkan pernah bisa menggapai rahasaia ciptaan tuhan paling sempurna berupa manusia.

buktikan aja nanti, setiap mereka para ilmuan itu berhasil menguak satu misteri dari manusia, akan terbuka misteri2 yang lain yang belum pernah mereka bayangkan sebelumnya hingga akhirnya pikiran mereka terheran2 menemukan labirin misteri ilmu yeng begitu panjang tak terperi.

sifa mengatakan...
on 

wah, keren banget emang perkembangan iptek ^_^
sob, ada award bt km. ambil di tempatku ya.. :)

Bang Del mengatakan...
on 

Semakin canggih saja sekarang teknologi kesehatan. Kalau kloning manusia sudah dilarang, masih ada saja jalan untuk melakukan duplikasi organ. Edan tenan ndes...

Posting Komentar

MakaSih Yaa sobat, TelaH meluangkan Waktunya untuk membaca dan komentarnya, mudah mudahan sudi untuk datang dan koment lagi......MIZZ U ALL..!!!

 

Comment Terbaru

WakTu Sholat Daerah Semarang

BannerTeman"

1.Blog Edukasi Komputer 2.
Blog Gadis Melayu
3.
4.
FC1
5.
iprodsign
6.
7.
informasi mac second
8.
9.
10.
Blogger Explorer
10.
Hidup Belajar
11.
12.
sharing information
13.
Pelajaran Blog Khusus Bagi Pemula
14.
TakTikTuk
15.
KOLOM HUKUM 16.
Warung Musik 99