10 Joki Ditangkap, 9 di Antaranya Asal ITB!


MAKASSAR, KOMPAS.com — Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Hasanuddin, Makassar, menangkap 10 joki yang mendampingi peserta seleksi dalam mengerjakan soal, Rabu (1/7). Di antara para joki itu, terdapat sembilan mahasiswa Institut Teknologi Bandung.

Jaringan joki SNMPTN itu terungkap setelah dua anggota Tim Monitoring dan Evaluasi SNMPTN, Abdul Rasyid dan Ilham Jaya, menangkap tangan seorang joki berinisial IS. Ia memberikan jawaban soal seleksi kepada kliennya, peserta SNMPTN berinisial An, Rabu siang.

”Awalnya, kami mengevaluasi data para peserta SNMPTN dan menemukan bahwa IS adalah peserta tahun lalu yang lulus SNMPTN 2008. Menurut data kami, ia telah kuliah di ITB. Tahun lalu ia juga sudah lulus seleksi Jalur Nonsubsidi Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Pada seleksi kali ini IS mengikuti seleksi untuk masuk Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Karena curiga, kami mengawasinya sejak awal ujian. Ternyata, kami melihatnya mengoper jawaban soal seleksi kepada An,” kata Abdul di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

IS kemudian dihadapkan kepada Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr dr Idrus A Paturusi. IS kemudian mengungkapkan nama para joki dan pengguna jasa perjokian yang ada dalam jaringannya.

”Dari pengakuan IS, kami berhasil menemukan beberapa orang joki. Seorang di antaranya adalah mahasiswa Unhas. Sembilan yang lain adalah mahasiswa ITB. Kami sebenarnya malu mengungkapkan hal itu karena memperburuk citra kami. Namun, itu harus diungkap untuk menghentikan praktik perjokian,” kata Paturusi.

Jaringan joki tersebut terungkap setelah kasus itu diserahkan kepada Kepolisian Wilayah Kota Besar Makassar. Rabu malam, polisi menangkap para joki dan pengguna jasa lainnya yang sedang berkumpul di salah satu hotel di Makassar.

Kepala Kepolisian Wilayah Kota Besar Makassar Komisaris Besar Burhanuddin Andi menyatakan, hingga Kamis siang penyidik telah menetapkan 10 joki, 6 pengguna jasa joki, dan Hr sebagai tersangka kasus pembocoran soal SNMPTN.

Dari pengakuan para tersangka, terungkap aktor intelektual joki adalah seorang sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin berinisial Hr. Para pengguna jasa joki yang lulus akan membayar Rp135 juta.

Di Bandung, Jawa Barat, panitia menangkap dua pelaku kecurangan SNMPTN. Kedua pelaku ini didapati menggunakan alat komunikasi canggih, salah satunya microchip mini yang ukurannya tidak lebih besar dari diameter koin Rp 100.

Panitia juga menyita sejumlah alat bukti lain dari peserta. Alat-alat itu adalah dua telepon seluler, transmiter, dan kabel berwarna coklat yang menyerupai warna kulit manusia.

Menurut Sekretaris Eksekutif Panitia SNMPTN Lokal Bandung Asep Gana Suganda, Kamis sore, berdasarkan laporan, kemungkinan masih ada 13 pelaku yang berbuat serupa. Panitia juga menduga ada jaringan nasional yang terorganisasi. (ROW/JON/SON)



Naaaaaccchhh... Ternyata di dalam dunia pendidikan ada juga yah istilah "joki", an4k`SinGKonG pikir cuma dalam dunia Olahraga saja yang ada istilah "joki"...huehehe


Sumber: di ambil dari

post signature

Comments :

7 komentar to “10 Joki Ditangkap, 9 di Antaranya Asal ITB!”
Qumfullboy mengatakan...
on 

biar gak usah pake joki...mending percaya pada kemampuan sendiri..begitu lebih aman kan??? wkkwkwkwkekekekeeeeekk

artvisualizer mengatakan...
on 

ya ampunn... insaf lah wahai negaraku.. hoho

patahati mengatakan...
on 

Pertamaxxxxx,
wah ini penyakit yg selalu diberantas, nice info bro...slm.

AlvienRizki mengatakan...
on 

wew... kok bisa ya dia mau jadi joki...

aku kira joki 3 in 1, hehehehehe...

Kuliah Gratis mengatakan...
on 

Wach kurang kerjaan nich mahasiswa

Aden Kejawen mengatakan...
on 

Harusnya tu mereka belajar bukannya trek2an

Newsoul mengatakan...
on 

Say no to Joki, hehe. Informasiyang mantap. Semoga perjokian nanti bisa tuntas.

Posting Komentar

MakaSih Yaa sobat, TelaH meluangkan Waktunya untuk membaca dan komentarnya, mudah mudahan sudi untuk datang dan koment lagi......MIZZ U ALL..!!!

 

Comment Terbaru

WakTu Sholat Daerah Semarang

BannerTeman"

1.Blog Edukasi Komputer 2.
Blog Gadis Melayu
3.
4.
FC1
5.
iprodsign
6.
7.
informasi mac second
8.
9.
10.
Blogger Explorer
10.
Hidup Belajar
11.
12.
sharing information
13.
Pelajaran Blog Khusus Bagi Pemula
14.
TakTikTuk
15.
KOLOM HUKUM 16.
Warung Musik 99