Si Jujur dan Si Berani

Ceritanya di sebuah Istana ada seorang Raja yang sudah memasuki usia senja dan ingin mencari penggantinya. Berbeda dengan kebiasaan Raja² yang lain Ia tidak memunjuk anak dan ataupun pembantunya untuk menggantikannya.

Ia justru memanggil seluruh pemuda di wilayahnya dan mengumpulkannya serta berpidato yang isinya kurang lebih: "Aku akan mengadakan sayembara, Kalian semua akan mendapatkan satu buah biji,Tanamlah biji ini, rawatlah dan kembalilah setahun lagi dengan tanaman kalian masing-masing. Bagi yang memiliki tanaman terbaik dia akan langsung aku angkat menjadi Raja untuk menggantikanku.!"


Seorang pemuda Badu terlihat antusias. Ia menanam biji itu dan menyiraminya setiap hari. Tapi sampai sebulan belum tumbuh apa². Setelah 6 bulan para pemuda yang lain membicarakan tanaman mereka yang sudah mulai tumbuh tinggi, namun pot Badu masih kosong.Ia tidak mengatakan apapun pada temenya soal tanamanya .Ia tetep menunggu bijinya tumbuh.


Setahun berlalu . Semua pemuda membawa tanamanya kepada Raja, Semula Badu enggan untuk ikut , tapi Ibunya mendorongnya untuk tetap datang dan berbicara apa adanya. Raja menyambut pemuda² dan memuji tanaman-tanamanya. " Kerja kalian Luar Biasa.Tanaman kalian luar biasa , Aku akan menunjuk salah datu dari kalian untuk menjadi Raja menggantikan aku, menjadi Raja baru.!"

Tiba-tiba Raja melihat Badu berdiri di belakang dan memanggilnya. Badu panik, " Jangan" aku akan di bunuh ," pikir Badu. Suasana menjadi ricuh dengan cemo'ohan dan ejekan karena melihat Pot nya Badu tidak tumbuh tanamanya alias masih kosong.
"Diam semuanya!" teriak sang Raja.Ia menoleh ke Badu dan mengumumkannya," Inilah Raja kalian yang baru.!!!!" Semua terkejut.

Bagaimana mana mungkin seorang yang gagal menjadi Raja..???, Raja melanjutkan," Setahun yang lalu, Aku memberi kalia sebuah biji untuk di tanam. Tapi yang ku berikan adalah biji masak dan tidak dapat tumbuh. Kalian semua telah menggantinya dengan biji yang lain. Hanya Badu yang memiliki KEJUJURAN dan KEBERANIAN untuk membawa pot dan biji yang telah aku berikan. Karena itulah dia aku angkat menjadi penggantiku.!!!"

Dari cerita di atas dapet di abil hikmahnya kurang lebih ada 2 kata penting:

KEJUJURAN
Merupakan dasar dari perilaku seseorang. Pada jaman Nabi ada seseorang yang ingin bertaubat dan ingin menata dirinya. Tips Nabi sederhana :"JANGAN BOHONG !!!", orang ini senang karena Nabi tidak melarang hal-hal yang lain. " Kalau cuma jangan bohong sih mudah, pikirnya.Maka dia melakukan apa yang biasa di lakukannya.
Ia mau MENCURI,tapi berpikir " Bagaimana kalau tetanggaku menanyakan asal-usul hartaku ini...??? maka Ia pun membatalkan niat untuk mencurinya.

Kemudian dia ingin SELINGKUH , tapi Ia berpikir:"Bagaimana kalau nanti keluargaku menanyakan kemana aku pergi....??? lagi-lagi ia mengurungkan niat yang tidak baik.
Jadi KEJUJURAN akan membawa perubah dasar pada diri seseorang. Tapi tanpa KEBERANIAN , KEJUJURAN tidak akan membawa perubahan bagi orang banyak.

Dari manakah rasa BERANI muncul...??? kalu kita semua udah bisa menaklukan rasa TAKUT....!! baik untuk mengakui KESALAHAN atau BERBUAT KEBAIKAN





post signature

Comments :

3 komentar to “Si Jujur dan Si Berani”
MONOKROM mengatakan...
on 

Kisah 'teladan' yang sangat menarik...!
Keep on posting Mas! Met kenal juga!

Haedir 'sisi' mengatakan...
on 

wuaaaaaaaaaa kerennnnn,,,

salam kenal

paank Fachrezi mengatakan...
on 

dalam rangka ramadhan yak?

hue he he he,... bener juga tuh. butuh sesuatu yang "lebih" untuk bisa terus jujur.
OK. maju perut pantat munduuuuur!!!!

Posting Komentar

MakaSih Yaa sobat, TelaH meluangkan Waktunya untuk membaca dan komentarnya, mudah mudahan sudi untuk datang dan koment lagi......MIZZ U ALL..!!!

 

Comment Terbaru

WakTu Sholat Daerah Semarang

BannerTeman"

1.Blog Edukasi Komputer 2.
Blog Gadis Melayu
3.
4.
FC1
5.
iprodsign
6.
7.
informasi mac second
8.
9.
10.
Blogger Explorer
10.
Hidup Belajar
11.
12.
sharing information
13.
Pelajaran Blog Khusus Bagi Pemula
14.
TakTikTuk
15.
KOLOM HUKUM 16.
Warung Musik 99