Indonesia Negara Paling Korup se-Asia

Kamis, 09 April 2009 | 14:35 WIB

TEMPO Interaktif, Singapura: Indonesia disebut sebagai negara dengan perekonomian paling korup di Asia. Indikasi tersebut berasal dari survei yang dilakukan oleh Lembaga Konsultasi Risiko Politik dan Ekonomi (PERC) yang dilansir oleh agen berita Perancis AFP, kemarin. Dari skala 0 sampai 10, dimana 0 adalah indikasi bebas korupsi, Indonesia mendapatkan skor 8,32.

Menurut PERC, indikasi korupsi pada sektor publik dan privat di Indonesia masih sangat tinggi. Meski demikian, PERC menilai bahwa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dalam usahanya untuk terpilih kembali menjadi presiden, telah berusaha keras melawan korupsi.

PERC menyebut di berbagai negara terdapat ketidakpercayaan publik terhadap keseriusan pemerintah dalam memberantas korupsi. Sebaliknya, survei ini justru menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia terkesan dengan upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Hasil survei yang dilakukan pada Maret lalu itu melibatkan 1.700 responden dari 14 negara di Asia. Australia dan Amerika Serikat juga diikutsertakan sebagai pembanding. Australia mendapatkan skor 2,4 sedangkan Amerika 2,89.

Thailand disebut sebagai negara paling korup kedua di Asia setelah Indonesia dengan skor 7,63. Menurut PERC, skor lebih dari 7 menunjukkan indikasi adanya masalah korupsi yang serius di suatu negara. Kamboja menempati tempat ketiga dengan skor 7,25, diikuti India dengan skor 7,21 dan Vietnam, 7,11. Philipina yang disebut sebagai negara terkorup tahun 2008 berhasil menurunkan skornya menjadi 7 dan berada di tempat keenam.

Meski demikian, menurut PERC, korupsi di suatu negara tidak terlalu mempengaruhi investor asing. Pasalnya, investor asing lebih memperhatikan stabilitas politik suatu negara untuk berinvetasi. "Sangat sedikit investor yang menganggap korupsi menyebabkan suatu negara menjadi kurang menarik untuk tinggal dan berbisnis," kata PERC. Lembaga ini memprediksi, tekanan resesi dapat menyebabkan kenaikan tingkat korupsi pada sektor privat tahun ini.

Skor antara 4 dan 7 diindikasikan sebagai negara dengan tingkat korupsi menengah, Negara-negara itu adalah Malaysia (6,7), Taiwan (6,47), China (6,16), Makau (5,84), Korea Selatan (4,64) dan Jepang (3,99). Singapura menjadi negara paling tidak korup dengan skor 1,07.

Wedew Benar² sebuah prestasi yang MEMBAGAKAN yak negara tercinta Kita ini..... hiks.hiks...hiks...



post signature

Comments :

0 komentar to “Indonesia Negara Paling Korup se-Asia”

Posting Komentar

MakaSih Yaa sobat, TelaH meluangkan Waktunya untuk membaca dan komentarnya, mudah mudahan sudi untuk datang dan koment lagi......MIZZ U ALL..!!!

 

Comment Terbaru

WakTu Sholat Daerah Semarang

BannerTeman"

1.Blog Edukasi Komputer 2.
Blog Gadis Melayu
3.
4.
FC1
5.
iprodsign
6.
7.
informasi mac second
8.
9.
10.
Blogger Explorer
10.
Hidup Belajar
11.
12.
sharing information
13.
Pelajaran Blog Khusus Bagi Pemula
14.
TakTikTuk
15.
KOLOM HUKUM 16.
Warung Musik 99