Pengertian Software

Pengertian Software

Disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Merupakan data elektrinik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah system operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Fungsi dari software adalah;
•Untuk Membuat semua peralatan yang ada dalam seperangkat komputer dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.
•Sebagai Operation System untuk perangkat elektronik yang menggunakan basis sistem komputer.
•Sebagai media penghubungkan antara komputer dengan penggunanya, agar terjadi suatu kerjasama yang menghasilkan sebuah output sesuai dengan keinginan dari pengguna komputer.

Mengapa Kita Membuthkan software..? Software didalam komputer merupakan suatu perangkat yang terpenting karena apabila tidak ada suatu aplikasi program didalam komputer maka kita tidak dapat menjalankan komputer.Adapun beberapa alasan kita sangat membutuhkan Software adalah ;
•Kita membutuhkan system operasi sebagai dasar operasinalnya suatu perangkat komputer agar setiap pekerjaan kita dapat dilakukan dikomputer.System operasi ini adalah suatu perangkat lunak (software) dengan berbagai jenis, misalnya; DOS, Windows98, WindowsXP, LINUX, Windows200, dll.
•Setiap perangkat keras(hardware) didalam komputer (misalnya; VGA card, Sound card, Modem, Printer, dll) tidak dapat bekerja apabila tidak ada suatu aplikasi program atau lebih dikenal dengan driver yang digunakan untuk mengnalkan hardware yang kita pasang tersebut pada system operasi (windows) yang kita pakai. Maka setiap kita membeli salah satu perangkat keras komputer akan selalu dilampirkan pula software Drivernya.
•Dan untuk melakukan pekerjaan yang kita inginkan dengan menggunakan komputer, maka kita membutuhkan suatu aplikasi program yang sesuai dengan kebutuhan kita dalam system operasi yang ada. misalnya kita akan mengetik atau membuat tabel aritmetika, maka kita membutuhkan program Microsoft Word&exel atau aplikasi lainnya yang sama kegunaannya, dan apabila kita ingin membuat gambar maka kita juga butuh Software yang penggunaannya untuk menggambar seperti program Adobe Photoshop atau Corel Draw, dan sebagainya.
Dalam Era sekarang ini biasanya software-software tersebut tersimpan dalam bentuk CD kaset dan untuk menjalankannya kita harus meng-install atau setup program tersebut ke dalam system operasi yang ada (misalnya; OS windows)

Dari berbagai sumber





post signature

Comments :

2 komentar to “Pengertian Software”
Anonim mengatakan...
on 

oh begitu toh asal muasalnya...:)

an4k`SinGKonG mengatakan...
on 

#1 Haiah Mas erwin bisa aja iks.... makasih mas dah koment :)

Posting Komentar

MakaSih Yaa sobat, TelaH meluangkan Waktunya untuk membaca dan komentarnya, mudah mudahan sudi untuk datang dan koment lagi......MIZZ U ALL..!!!

 

Comment Terbaru

WakTu Sholat Daerah Semarang

BannerTeman"

1.Blog Edukasi Komputer 2.
Blog Gadis Melayu
3.
4.
FC1
5.
iprodsign
6.
7.
informasi mac second
8.
9.
10.
Blogger Explorer
10.
Hidup Belajar
11.
12.
sharing information
13.
Pelajaran Blog Khusus Bagi Pemula
14.
TakTikTuk
15.
KOLOM HUKUM 16.
Warung Musik 99