TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1430 HIJRIYAH

MUHARAM adalah bulan pertama dalam tahun Islam (Hijrah). Sebelum Rasulullah berhijrah dari Makkah ke Yathrib, kiraan bulan dibuat mengikut tahun Masihi. Hijrah Rasulullah memberi kesan besar kepada Islam sama ada dari sudut dakwah Rasulullah, ukhuwwah dan syiar Islam itu sendiri.

Pada asasnya, Muharam membawa maksud 'diharamkan' atau 'dipantang', iaitu Allah SWT melarang melakukan peperangan atau pertumpahan darah. Namun demikian larangan ini ditamatkan setelah pembukaan Makkah (Al Baqarah: 91). Sejak pemansuhan itu, umat Islam boleh melaksanakan tugas dan ibadat harian tanpa terikat lagi dengan larangan berkenaan.
Larangan dibulan Muharram
Dilarang berbuat dzalim pada bulan ini. Dzalim yang dimaksudkan disini adalah memulai peperangan (berdasarkan pendapat para ulama) . Jika dzalim yang dimaksud adalah tentang menganiaya orang lain atau diri sendiri… kita tidak perlu menunggu bulan Muharram. Pada bulan-bulan biasa juga kita diharuskan untuk tidak melakukan tindakan yang dzalim

Keutamaan dibulan Muharram
Pada bulan ini kita disunahkan untuk melakukan puasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram. Tanggal 9 dan 10 Muharram akan bertepatan dengan hari Selasa dan Rabu tanggal 6 dan 7 Januari 2009 Harap dicatat tanggal tersebut, karena Rasulullah mengutamakan pada umatnya untuk berpuasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram setelah puasa pada bulan Ramadhan. Sesuai dengan hadist :
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.
“Artinya : Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram” [Hadits Riwayat Muslim dari Abu Hurairah]
Yang menjadi pertanyaanya sekarang adalah...


Apakah yang telah kita lakukan tahun lalu sesuai dengan yang di syari’atkan Allah atau justru kita sering melanggar perinta-perintah Nya???? Kalau demikian kkenyataanya mari.. dengan momentum tahun baru 1 Muharram 1430 H ini kita berusaha bersama-sama untuk meningkatkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah Swt sebagai bekal besok di hari kelak..




Dan mari kita juga berusaha sekuat tenaga untuk bias terus istiqomah menjalankan perintah-perintah Nya serta menjauhi apa-apa yag di larang Nya sehingga kita termasuk orang-orang yang beruntung…

“Bila hari ini sama dengan kemarin, berarti orang merugi, dan jika hari ini
lebih jelek dari kemarin, adalah orang celaka”


“SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1430 HIJRIYAH”


Semoga hari esok lebih baik dai hari kemarin
Amien yaa robbal ‘alamiin..


post signature

Comments :

2 komentar to “TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1430 HIJRIYAH”
Anonim mengatakan...
on 

met tahun baru hijriyah :)

an4k`SinGKonG mengatakan...
on 

ea mas sama"

Posting Komentar

MakaSih Yaa sobat, TelaH meluangkan Waktunya untuk membaca dan komentarnya, mudah mudahan sudi untuk datang dan koment lagi......MIZZ U ALL..!!!

 

Comment Terbaru

WakTu Sholat Daerah Semarang

BannerTeman"

1.Blog Edukasi Komputer 2.
Blog Gadis Melayu
3.
4.
FC1
5.
iprodsign
6.
7.
informasi mac second
8.
9.
10.
Blogger Explorer
10.
Hidup Belajar
11.
12.
sharing information
13.
Pelajaran Blog Khusus Bagi Pemula
14.
TakTikTuk
15.
KOLOM HUKUM 16.
Warung Musik 99